#BeautyTalk# 7 Cara Penggunaan Olive Oil Untuk Kecantikan | Live Love Hope

#BeautyTalk# 7 Cara Penggunaan Olive Oil Untuk Kecantikan

| on
Monday, October 24, 2016


Saya punya tips untuk para mahmud (mamah muda) kece. When you do your grocery shopping, you can also do your beauty shopping at the same time

Eh, loh? Kok bisa?

Iya, soalnya banyak produk-produk natural di supermarket yang bisa digunakan juga untuk kecantikan.

Salah satu yang jadi favorit saya adalah Extra Virgin Olive Oil (kalau saya bilang Olive Oil di postingan ini berarti yang saya maksud adalah Extra Virgin Olive Oil ya).

Olive oil ini sudah lama dikenal sebagai produk yang bagus untuk kesehatan. Kalau lihat acara-acara masak luar negeri, mereka biasa menggunakan olive oil untuk masak daripada minyak sayur/minyak kelapa sawit seperti yang kita gunakan. Belakangan olive oil semakin populer digunakan juga di industri kosmestik.

Olive oil mengandung banyak sekali vitamin, mineral, protein & asam lemak tak jenuh, dll sehingga baik juga untuk kecantikan. Olive oil sangat baik digunakan sebagai produk anti-aging alami, karena kaya akan anti-oksidan, dapat membantu mengurangi keriput & memudarkan garis-garis halus, menutrisi, melindungi & meremajakan kulit.

Dengan kandungannya yang kaya akan vitamin A & E, olive oil mampu menghidrasi kulit, mempertahankan elastisitas & kelembutan kulit, serta membantu proses regenerasi sel-sel kulit.

Huft.. kalau diterusin, daftar manfaat dari olive oil ini bakal panjang banget deh. Nah, sekarang mari kita ngobrolin tentang bagaimana penggunaan olive oil untuk kecantikan?

1. Mandi Olive Oil

Siapkan air di bak mandi, kemudian tuangkan 5 sendok makan olive oil (atau tambahkan sebanyak yang kalian mau) ke dalam bak mandi & taraa.. kalian bisa langsung nyemplung ke dalam bak. Simple, tapi hasilnya luar biasa loh. Setelah mandi kalian bisa merasakan kulit akan terasa sangat halus & lembut seperti kulit bayi.

Bagi kalian yang ngga punya bak mandi di rumah (seperti gue) kalian bisa pakai cara ini. Sebelum mandi, pijat-pijat badan menggunakan olive oil, kemudian mandi seperti biasa. Boleh menggunakan sabun kalau ngga pengen terasa terlalu lengket, tapi jangan banyak-banyak & jangan digosok-gosok pakai sabun, nanti olive oil yang tadi sudah dibalurkan malah hilang ngga bersisa.

2. Olive Oil Sebagai Make Up Remover

Belakangan saya rutin pakai olive oil sebagai make up remover. Saya gunakan sebelum cuci wajah malam. Caranya, tuangkan olive oil secukupnya ke kapas dan usapkan pelan-pelan ke wajah seperti ketika menggunakan make up remover. Ini ampuh untuk menghapus make up & menutrisi wajah sekaligus. Asik kan 2 manfaat sekaligus, hehehe..

Kalau kalian menggunakan make up berat, untuk menghapusnya, kalian bisa memijat wajah menggunakan olive oil terlebih dahulu, baru kemudian diusap menggunakan handuk kecil hangat. Lakukan beberapa kali dengan gentle, jangan menggosok wajah keras-keras, supaya terhindar dari iritasi. Kemudian bilas wajah dengan air hangat & cipratkan air dingin ke wajah. Air dingin dapat membantu sirkulasi darah & menutup pori-pori wajah.

3. Menguatkan Kuku Menggunakan Olive Oil

Rendaman hangat olive oil adalah cara yang mengagumkan untuk menguatkan kuku. Cuma butuh kira-kira 5-10 menit, kalian bisa mendapatkan kuku yang sehat, cantik & berkilau. Cukup rendam kuku dalam campuran rendaman 1 sendok teh olive oil & air hangat, bisa juga ditambahkan dengan sedikit garam mandi. Lakukan setidaknya 1 atau 2 kali seminggu.

4. Olive Oil Sebagai Eye Cream (Krim Mata)

Seperti yang saya sebutkan di atas, olive oil bermanfaat untuk mengurangi garis-garis halus & keriput karena bisa meningkatkan elastisitas kulit, meregenerasi & meremajakan sel-sel kulit, serta menjaga kelembapan kulit.

Cukup tepuk-tepuk pelan sedikit olive oil dengan menggunakan ujung jari atau bisa menggunakan kapas setiap malam sebelum tidur. Dijamin saat bangun paginya, kulit di bawah mata akan terasa halus, lembut & kenyal.

5. Masker Wajah Olive Oil

Ini adalah salah satu home made masker favorit saya. Caranya, campurkan 1 kuning telur dengan 1 sendok makan olive oil (bisa juga tambahkan dengan 1 sendok makan air jeruk lemon untuk mencerahkan wajah). Sebelum dioles ke wajah, jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu. Oleskan campuran tadi ke wajah. Bisa juga dengan mencelupkan kapas ke campuran & tempel ke wajah. Diamkan kira-kira 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat & bilas sekali lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori. 

Untuk yang wajahnya berminyak, usahakan jangan lama-lama menggunakannya. Cukup diamkan 5 menit saja, kemudian bilas.

6. Masker Rambut Olive Oil

Minggu lalu, saya coba mewarnai rambut. Tapi entahlah karena tidak cocok dengan bahan cat rambutnya atau memang kondisi rambut saya lagi ngga ok, rambut saya jadi super kaku kayak sapu ijuk T__T. Bener-bener bikin frustasi.

Setelah browsing sana-sini & teringat punya stok olive oil di rumah, saya coba masker rambut menggunakan olive oil. Ada 2 campuran yang saya gunakan.

Yang pertama, sama seperti membuat masker wajah, campurkan 2 kuning telur dengan 2 sendok makan olive oil & 1 sendok teh air jeruk lemon (kalau rambut kalian pendek, cukup 1 buah kuning telur & 1 sendok makan olive oil). Gunakan sebagai masker rambut kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan shampo (2 kali atau lebih sampai rambut ngga lengket) kemudian gunakan kondisioner.

Cara yang kedua, gunakan saat akan tidur malam. Tuangkan 2 sendok makan olive oil ke dalam mangkuk, kemudian tetesi dengan argan oil. Kalau kalian ngga punya argan oil, kalian bisa menggunakan hair oil seperti ellips atau lainnya untuk dicampurkan dengan olive oil. Oleskan ke setiap helai rambut kemudian tutup rambut dengan hair cap atau bungkus rambut dengan plastik wrap (iya plastik wrap buat makanan itu, hehe) kemudian tidur. Bilas keesokan harinya dengan shampo & kondisioner.

Setelah menggunakan masker ini, rambut saya yang tadinya kaku jadi mulai "melunak" & ngga kusut lagi karena rambut terasa halus & lembut sehingga lebih mudah disisir.

7. Konsumsi 1 Sendok Makan Olive Oil Setiap Hari

Ingat kan pepatah yang mengatakan bahwa "Kecantikan dimulai dari dalam tubuh". Nah mengkonsumsi 1 sendok makan extra virgin olive oil setiap hari, dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh termasuk kulit dari dalam, sebagai anti-oksidan karena mempunyai kandungan polifenol tinggi & tinggi vitamin E yang baik untuk kulit.


Nah itu tadi 7 Cara Penggunaan Olive Oil untuk Kecantikan ala saya. Kalau kalian punya cara lainnya untuk dibagikan, feel free to share di kolom comment di bawah ya.

Nb:
Oia gunakan selalu Extra Virgin Olive Oil untuk campuran hal-hal di atas ya. Extra Virgin Olive Oil merupakan olive oil yang paling murni karena merupakan hasil penyulingan pertama dari buah olive sehingga manfaatnya belum banyak hilang dari proses penyulingan & mengandung kadar minyak paling rendah (makanya ngga disarankan untuk menumis masakan). Kalau untuk masakan gunakan saja olive oil biasa ;).
Be First to Post Comment !
Post a Comment