Archive for November 2016

#BeautyTalk# The Face Shop Oil Control Water Cushion in Natural Beige

| on
Wednesday, November 16, 2016

It's a very very long time no see...

Kali ini perdana buat saya bikin review produk korea. Produk ini juga lagi booming loh..ngga cuma di korea aja, tapi hampir di seluruh belahan dunia.

Yup, tarraaa.. ini dia.. CUSHION FOUNDATION atau BB/CC CUSHION.

Ini juga pertama kalinya saya coba pakai cushion, biasa cuma pakai foundation atau BB/CC cream biasa yang bentuknya tube gitu, itupun bukan untuk daily use. Cuma pakai buat ke kondangan/nge-mall sesekali.

Pilihan saya untuk percobaan perdana ini jatuh pada OIL CONTROL WATER CUSHION dari THE FACE SHOP.

Setelah booming-booming-nya trend BB cream & CC cream, kini muncul cushion compact sebagai inovasi produk make up terbaru dengan menempatkan foundation cair di dalam kemasan hard case yang dilengkapi microfoam. Microfoam ini berfungsi untuk mengunci produk supaya tidak "tumpah" & menjaga kesegaran saat pemakaian. Ini yang ngebuat produknya lebih tahan lama & tidak menggumpal. Inilah kenapa saya suka banget produk ini, karena higienis, terjaga kesegarannya, mudah dibawa kemana-mana & mudah dalam pengaplikasian.

Bisa dibilang semua brand kosmetik di Korea Selatan telah mengeluarkan beberapa seri cushion compact mereka sendiri, yang sukses bikin saya bingung mau cobain yang mana?? ^__^"

Kenapa saya pilih OIL CONTROL WATER CUSHION dari THE FACE SHOP? Karena ada embel-embel "Oil Control" yang bikin saya berasumsi bahwa produk ini akan cocok untuk kulit saya yang oily & acne pores. Karena produk ini diformulasikan khusus untuk wajah berminyak, jadi harapannya semoga produk ini ngga bikin wajah kelihatan terlalu berminyak, dapat mengontrol minyak dengan baik & ngga bikin breakout di wajah.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, ada temen yang lagi dapet tugas kantor ke Korea. Kebetulan juga saya udah lama banget cari-cari info tentang produk ini & udah niat pengen beli. Cuma karena harganya lumayan mehong jadi tadinya masih mikir-mikir buat beli atau engga. Berhubung denger-denger di korea selisih harga dengan di counter di Indo bisa lumayan banget, jadi nitip deh ke temen ini buat beli (padahal dia cowo & aslinya males banget pasti dimintain tolong buat beliin make up :p).

Nah ini dia Reviewnya...

Kemasan:

Begitu cushion ini mendarat dengan selamat di tangan, rasanya supeeerrr happy, hahaha.. soalnya udah lama ngincer & suprisingly case-nya super clean, cantik & minimalis, jadi kelihatan "mahal" dari segi looks-nya.


Entah kenapa yang saya punya ini kok beda dari yang saya lihat di review beberapa beauty blogger. Mungkin ini edisi terbaru, mungkin XD. Box-nya berwarna metalic silver, clean & keterangan di box-nya berbahasa korea (jadi saya ngga bisa bacain artinya ya). Di bagian depan box-nya terdapat logo THE FACE SHOP di bagian bawah & keterangan produk OIL CONTROL WATER CUSHION, Moist Cover, Fresh Fit, Long Lasting dengan SPF 50+ PA+++ di bagian atas. Waow lengkap banget kan.


Di dalam case sudah dilengkapi kaca yang cukup untuk sekedar membantu kita dalam pengaplikasian, terdapat lid untuk mencegah tumpahnya produk & sebagai pembatas, serta dilengkapi juga dengan air puff. Air-puff-nya ok banget loh, lembut & rapat. Air puff ini didesain khusus supaya tidak banyak foundation yang terserap ke dalam puff, jadi tidak ada produk yang terbuang sia-sia, karena semuanya akan ter-transfer ke kulit. Oh iya, saat baru pertama kali dibuka, terdapat seal yang membuat saya makin yakin kalau produknya fresh from the oven.




Tekstur & Kandungan:

Untuk teksturnya sendiri, Oil Control Water Cushion ini seperti foundation cair sehingga mudah diaplikasikan & diratakan pada wajah. Walaupun seperti foundation cair, tapi tekturnya lebih ringan dari foundation (mirip-mirip seperti bb/cc cream), tidak berat & tidak ada rasa lengket. Finishing semi matte, tetap terkesan dewy tapi ngga lebay. Cocok buat kulit oily yang ngga kepingin muka kelihatan kayak ladang minyak waktu abis pakai bb cream (bb cream yang dulu saya punya, beneran bikin muka kelihatan "basah" banget >,<). 

Cushion ini sudah dilengkapi dengan SPF 50+ PA+++ seperti yang tertera pada kemasan. Ini udah cukup tinggi jadi tanpa perlu tambahan sunblock/sunscreen pun kulit kita sudah terlindungi dari bahaya sinar UVA & UVB. Mengandung ektrak moringa tree yang mampu mengontrol minyak berlebih pada kulit.


Shade, Coverage & Staying Power:

Awalnya saya cuma tahu kalau The Face Shop hanya mengeluarkan 2 shade yaitu Apricot Beige (V201) & Natural Beige (V203). Tapi waktu coba main ke counter The Face Shop di mall, saya baru tahu kalau The Face Shop juga mengeluarkan shade yang lebih gelap, yaitu Dark Beige (V205), Light Brown (V301) & yang paling gelap V401 (Ngga tau apa namanya, maap >,<). Kalau di US & Canada, malah ada shade yang lebih terang lagi yaitu Ivory Beige/Pure Beige (V103).

Karena beli dari korea langsung, otomatis cuma ada 2 shade terang yang dijual disana yaitu V201 & V203 (secara orang korea udah pasti putih-putih kulitnya). Padahal waktu coba-coba di counter, kayaknya saya lebih masuk ke shade V205, walau mba SPG-nya keukeuh banget saya cocoknya yang V203. Demi mendapatkan harga yang lebih murah & teringat perkataan si mba SPG, akhirnya saya meng-iya-kan buat membeli shade V203 Natural Beige, muahahaha.

Di saya sih shade ini masih lumayan masuk kok, asal kondisi kulit lagi bagus alias lagi ngga kusem-kusem amat. Untuk mengakalinya, memang harus diset pakai bedak yang lebih gelap supaya ngga terlihat keputihan.

Untuk coverage sendiri, cushion ini termasuk medium to full coverage. Kalau kamu mau lebih nutup lagi, bisa dilayer sampe 2 atau 3 kali. Kalau cuma untuk nutup dark circle atau bekas jerawat kecil sih cukup banget kok.

Staying power produk ini juga bagus loh. Bisa sekitar 6-8 jam dipakai masih stay. Baru touch up saat habis wudhu. Asal ngga sering gosok-gosok wajah pakai tissue, produk ini nempel dengan awetnya di wajah. Love it ^_^

Cara Pakai:

Sebelum pakai cushion, kondisikan wajah agar lembab dengan menggunakan moisturizer terlebih dahulu. Soalnya cushion ini akan sedikit susah nempel, menumpuk & cakey kalau wajah dalam kondisi kering.

Kemudian dap-dap air puff ke cushion sampai produk ter-transfer secukupnya ke air puff. Kemudian dap-dap/tepuk-tepuk pelan ke wajah. Lebih baik ditepuk-tepuk daripada disapukan ke wajah, supaya produk ter-transfer secara merata, tidak ada gumpalan & terlihat lebih natural.


FINAL THOUGHTS


Price:
Di Counter The Face Shop di mall-mall seharga Rp 329ribu. Saya beli dari korea 20.000 Won atau sekitar Rp 240ribuan. Lumayan kan ^_^

What I Love:
  • What a so nice packaging. Case-nya bagus banget, terlihat mewah, clean & simple, sudah ada kaca & air puff
  • Matte finish, jadi ngga kelihatan dewy lebay. Cocok buat yang mukanya ladang minyak kaya saya
  • Tahan lama. Awet banget seharian dipakai ngga luntur (sedikit luntur kalau habis wudhu)
  • Ringan buat digunakan sebagai daily use
  • Ngga bikin wajah kelihatan cakey, terlihat halus & mulus
  • Medium to full coverage
  • Kalau habis, ada refil-nya jadi lebih murah, tinggal beli refil
  • Kalau beli di counter tersedia banyak shade
What I hate:
  • Masih terlalu terang di kulit saya (ini salah saya sendiri sih tapi :p)
  • Kurang besahabat dengan photo-flash, karena akan menimbulkan efek "putih" seperti topeng
  • Akan menimbulkan dry patches untuk kulit yang kering
Rate: 8/10

I definitely love this cushion. Bakal jadi pilihan utama pengganti foundation karena formulanya ringan tapi coverage oke. Kalau habis saya pastikan beli refil yang Dark Beige (V205) supaya ngga keputihan.

Semoga review ini membantu buat kalian yang baru pertama kali menggunakan cushion foundation ^_^

Nb:
Waktu beli cushion, saya dapat free sample ini, nanti bakal saya review di post terpisah :D