Ternyata Kucing Peliharaan Juga Perlu Mandi | Live Love Hope

Ternyata Kucing Peliharaan Juga Perlu Mandi

| on
Wednesday, February 3, 2016

Hai-hai..jumpa lagi catlovers!

Kali ini mau kembali ngomongin soal kucing. Makhluk menggemaskan satu ini emang ngga akan ada habisnya buat dibahas.

Topik kali ini tentang kucing perlu ngga sih dimandiin? Dan gimana cara memandikan yang tepat?

Tentunya kucing peliharaan kalian ya, bukan peliharaan orang, bukan juga kucing liar #yaiyalahmbae.

Bagi kalian yang sangat menyayangi hewan peliharaan kalian, ritual mandi adalah salah satu bentuk ekspresi kasih sayang yang kita lakukan untuk mereka. Mandiin hewan peliharaan ini sebenarnya ngga terbatas untuk kucing saja loh, anjing, kelinci, hamster, burung (semua hewan peliharaan berbulu), sebaiknya memang rutin dimandikan. Tapi topik tentang mandi ini saya batasi soal kucing saja ya.


Manfaat Mandi Bagi Kucing

Kucing adalah hewan yang sangat cinta kebersihan. Dia selalu memperhatikan kebersihan tubuhnya. Pernah lihat kan kalau kucing sering sekali menjilati bulunya. Itu adalah salah satu cara bagi kucing untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran & kuman. Kucing menghabiskan sekitar 30% waktunya dengan menjilati & membersihkan tubuhnya.

Bagi kucing yang berbulu pendek, sebenarnya ngga masalah kalau ngga mandi sering-sering, karena tubuhnya sudah cukup bersih dengan dijilati olehnya. Tapi beda dengan kucing Persia atau Anggora yang harus dimandikan rutin, karena dengan banyaknya bulu, akan susah untuk membersihkan seluruhnya & menjangkaunya sendiri.

Ini dia manfaat dari memandikan kucing terutama bagi kucing Persia/Anggora:
  • Mencegah penyakit kulit, seperti jamur, kutu/tungau & penyakit kulit lainnya
  • Mencegah penyakit telinga dari menumpuknya kotoran telinga
  • Membuat bulu menjadi halus, lembut, bersih, wangi & bebas kusut

Berapa Kali Kucing Perlu Mandi?

Sebenarnya tergantung dari perilaku hidup kucing itu sendiri & perilaku kalian sebagai pemilik, serta bagaimana tempat tinggal si kucing, tempat bermain, dll. 

Untuk kucing yang hidup di kandang & jarang dikeluarkan dari kandang, kucing akan cenderung ngga rawan kotor. Jadi ngga perlu dimandikan sering-sering. Cukup 1 bulan sekali atau kalau mau lebih rajin, 2 minggu sekali. Lebih dari sebulan, bulu kucing sudah akan terlihat sangat lusuh & kotor.

Untuk kucing yang hidup bebas berkeliaran di rumah, harus lebih sering dimandikan, minimal 1 atau 2 minggu sekali. Karena biasanya kucing senang sekali sembunyi di tempat-tempat yang gelap & lembab seperti kolong meja, kolong tempat tidur, bawah lemari, yang tentunya membuat kucing lebih rawan kotor terkena debu & rawan terkena jamur/kutu.

Untuk kucing yang sedang terkena jamur/kutu, bahkan harus dimandikan setiap 2 hari sekali selama seminggu atau sampai jamur/kutunya sembuh.

Yang Harus Dipersiapkan

Pertama-tama siapkan alat-alat grooming yang dibutuhkan:
  • Air Hangat
  • Handuk lembut/kanebo
  • Shampoo khusus kucing
  • Kapas/Cotton Bud
  • Hair dryer/Blower
  • Sisir khusus kucing
  • Gunting kuku khusus kucing
  • Sikat bulu khusus kucing 
  • Sikat gigi khusus kucing (optional)
  • Parfum Khusus Kucing

Langkah-langkah Sebelum Memandikan Kucing

  • Ketahui kapan kucing dapat dimandikan
    Mandikan sesuai jadwal yang sudah saya sebutkan di atas. Untuk anak kucing (kittens) sebaiknya dimandikan saat sudah berumur lebih dari 2 bulan. Mandikan kucing di saat dia tenang. Jangan mandikan kucing saat dia sedang gelisah atau terlalu bersemangat (misal habis main). Mandikan saat kucing sudah kenyang, santai & tenang.
  • Potong kuku kucing kalian
    Ini sebaiknya dilakukan paling awal, sebelum memandikan kucing. Supaya kalian terhindar dari cakaran maut kucing saat masuk ke tahapan berikutnya, hahaha #serius. Potong sedikit saja yang bagian putih-nya, jangan sampai lewat/mendekati bagian pink-nya.
  • Bersihkan telinga kucing kalian
    Sedikit tips dari saya, kalau kalian hanya seorang diri memandikan kucing tanpa bantuan orang lain, hadapkan kepala kucing ke depan (jangan menghadap ke kita), tahan badannya kemudian baru bersihkan telinganya dengan cotton bud/kapas yang sudah dibasahi dengan air/cairan khusus pembersih telinga kucing. Jangan masuk terlalu dalam & harus hati-hati banget. Kucing sensitif sekali ketika telinganya dibersihkan.
  • Sisir bulunyaUntuk memastikan ngga ada bulu yang kusut & untuk mengetahui ada/ngga-nya kutu & jamur.
  • Siapkan shampoo & peralatan mandi
    Buat busa dengan mencampur shampoo dengan air di suatu wadah & siapkan sikat mandi khusus kucing & shower puff (kalau ada). Sikat yang digunakan biasanya terbuat dari karet dengan ujung-ujung sikat yang tumpul. Oia, jangan menggunakan shampoo untuk anjing ya gaes.. Shampoo khusus kucing dibuat sesuai dengan kebutuhan kucing kita.
  • Siapkan handuk lembut/kaneboSaya pernah memandikan kucing di salah satu salon yang menggunakan kanebo daripada handuk & saya praktekan di rumah. Memang ngga begitu disarankan, tapi efektif untuk menyerap air dari bulu-bulu kucing. Kalau handuk kan cepat basah ya, kalau basah jadi susah nyerap airnya. Kalau kanebo kan tinggal diperas, hehehe. Tentunya pilih kanebo yang aman & lembut.
  • Tutup telinga kucing dengan kapasUntuk menghindari air masuk ke dalam teling kucing. Jangan masukkan terlalu banyak nanti malah ngga bisa keluar.
  
Langkah-langkah Saat Memandikan Kucing

  • Siram/basahi badan kucing sambil digosok pelan-pelan dari kepala sampai ekor. Jangan diguyur & jangan sampai kena muka (mata, hidung & mulut). Untuk bagian muka cukup basahi dengan menggunakan tangan (pokoknya jangan disiram).
  • Beri shampoo dengan menggunakan shower puff, kemudian sikat/gosok pelan-pelan dari kepala sampai ekor. Untuk bagian muka cukup digosok pelan-pelang dengan menggunakan tangan. Diamkan selama 3 menit. Kalau mau sambil menunggu shampoo meresap ini, sikatlah gigi kucing kalian.
  • Siram lagi dengan air sampai benar-benar bersih sambil digosok-gosok. Pastikan sudah ngga ada busa yang tersisa di bulu-bulunya.
  • Keringkan dengan handuk (atau kanebo seperti yang sudah saya jelaskan di atas). Pastikan sudah tidak ada air yang menetes dari tubuh kucing.
  • Jemur sebentar kucing kalian di bawah sinar matahari sekitar 15-30 menit. Jangan terlalu lama menjemur kucing. Jika kalian mumutuskan untuk menjemur kucing kalian, kalau bisa mandikan kucing di pagi hari sebelum jam 10, sehingga saat menjemur, matahari ngga terlalu terik & kucing ngga kepanasan.
  • Keringkan bulu kucing dengan hair dryer/blower. Saya lebih menyarankan menggunakan blower. Beda blower dengan hair dryer adalah blower mengeluarkan udara lebih kencang dari hair dryer & ngga mengeluarkan udara panas. Jadi kucing kita ngga akan kepanasan. Karena udara yang dikeluarkan lebih kencang, maka akan mempercepat proses pengeringan. Semakin cepat kering, semakin berkurang tingkat stres kucing & kamu sendiri, hehehe.

    Eh iya, tapi harga blower cukup lumayan (bahkan sampai sekarang saya belum juga kebeli blower impian, hiks).

    Saat mengeringkan, sambil disingkap satu persatu bulu-bulu kucing dengan tangan atau sisir (berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu). Supaya ngga ada bulu yang terlewat (masih basah), lebih cepat kering & bulu kering sampai ke akar. Ini butuh kesabaran ekstra karena menghabiskan waktu yang ngga sebentar. 
  • Saat bulu sudah benar-benar kering, rapihkan dengan menyisir bulu-bulu kucing  (mengikuti arah tumbuhnya bulu).
  • Semprotkan dengan parfum khusus kucing biar makin wangi.

Itu dia langkah-langkah yang saya lakukan saat memandikan kucing.

Oia sebisa mungkin, mandikan kucing kalian saat kucing & kalian sendiri sedang benar-benar dalam kondisi santai, bebas stres & kenyang hahaha. Soalnya akan banyak energi yang dibutuhkan saat memandikan ini.

Semoga sukses ^__^

2 comments on "Ternyata Kucing Peliharaan Juga Perlu Mandi"